Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli SD
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.53629Keywords:
Bolavoli, Pasing Bawah, TGTAbstract
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar masih menghadapi tantangan, terutama materi passing bawah bolavoli menyebabkan peserta didik kesulitan. penting bagi guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan metode two experimental control group pretest-posttest. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas V SDN Sidotopo Wetan 1/255 yang berjumlah 192 orang. Pemilihan sampel dilakukan melalui cluster random sampling, dengan kelas V-C kelompok eksperimen dan V-D kelompok kontrol. Penelitian ini, digunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, diperoleh nilai signifikansi >0,05 menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar. Namun, pada hasil belajar keterampilan, diperoleh nilai signifikansi (0,037<0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada kelompok eksperimen. Untuk hasil uji Mann-Whitney, nilai signifikansi pada hasil belajar pengetahuan adalah (0,179 >0,05), sedangkan hasil belajar keterampilan adalah (0,176>0,05), keduanya menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak memberikan pengaruh siginifikan. Meskipun, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan rata-rata yang lebih tinggi baik pada hasil belajar.