Implementasi Pendekatan Multiple Intelligence pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.53690Keywords:
Analisis Induktif, Identifikasi Kecerdasan, Pendekatan Multiple Intelligence, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan multiple intelligence pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi, yakni menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data secara simultan. Analisis data bersifat induktif, berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Hasil observasi menunjukkan bahwa sebelum proses pembelajaran dimulai, guru telah mengidentifikasi berbagai kecerdasan yang dimiliki siswa dengan menggunakan kuesioner untuk menilai minat dan aktivitas mereka, serta melalui pertanyaan terbuka. Wawancara dengan guru kelas mengungkapkan bahwa guru menerapkan pendekatan multiple intelligence secara terstruktur, tidak hanya dengan memberikan pemahaman tentang konsep kecerdasan yang beragam, tetapi juga dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan potensi siswa. Namun, guru menghadapi kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran harian yang dapat menarik minat siswa dan sesuai dengan kecerdasan mereka. Selain itu, terdapat tantangan dalam mengontrol pembelajaran di rumah, karena beberapa siswa terlambat atau lupa menyelesaikan tugas yang diberikan. Kesimpulannya, identifikasi awal kecerdasan siswa membantu guru dalam menentukan metode pembelajaran yang lebih tepat dan sesuai dengan potensi individual siswa.