Inovasi Bahan Ajar Digital: Pengembangan E-Modul Read-STEM sebagai Solusi Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SD

Authors

  • Kusumawati Shindi Nur Rahmawati Universitas Jember
  • Suratno Universitas Jember
  • Rizki Putri Wardani Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53713

Keywords:

E-modul, Hasil Belajar, Read-STEM

Abstract

Hasil belajar peserta didik merupakan salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar. Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep sains secara mendalam. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas e-modul berbasis Read-STEM sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di beberapa SD di Kabupaten Jember. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis Read-STEM memiliki tingkat kevalidan sebesar 95,1% dan tergolong dalam kategori “sangat valid”. Uji efektivitas menunjukkan bahwa e-modul mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,59, yang berada pada kategori “sedang”. Dengan demikian, e-modul berbasis Read-STEM dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-22

Issue

Section

Articles