Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran di SD Virgo Maria 1 Ambarawa Menggunakan Model Charlotte Danielson
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53717Keywords:
Charlotte Danielson, evaluasi kinerja guru, n, SD Virgo Maria 1 AmbarawaAbstract
Penelitian ini mengevaluasi kinerja guru dalam pembelajaran di SD Virgo Maria 1 Ambarawa dengan menggunakan model Charlotte Danielson, yang meliputi empat standar kinerja yaitu persiapan dan perencanaan pembelajaran, evaluasi pengelolaan kelas, evaluasi pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi tanggung jawab professional. Penelitian ini untuk melihat tingkat kesenjangan antara standar dan tujuan yang telah ditetapkan sebagai kinerja guru dan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode penelitian evaluasi deskriptif. Data dikumpulkan melalui survei, yaitu wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner kepada subjek penelitian yang meliputi seluruh guru kelas 1 sampai guru kelas 6. Hasilnya menunjukkan bahwa, evaluasi guru dalam pembelajaran dari aspek persiapan dan perencanaan pembelajaran mendapatkan persentase 92.5%. Pada evaluasi guru dalam pembelajaran dengan aspek pengelolaan kelas mendapatkan persentase 90%. Pada evaluasi guru dengan aspek pelaksanaan pembelajaran mendapatkan persentase 88.3%. Pada evaluasi guru dalam pembelajaran dengan aspek tanggung jawab profesional mendapatkan persentase 92.5%. Temuan ini didukung dengan hasil wawancara dan observasi, yang menunjukkan bahwa para guru telah melaksanakan tugasnya secara professional sesuai standar kinerja guru dan mampu menciptakan suasana belajar yang efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru SD Virgo Maria 1 Ambarawa dinyatakan dalam kategori sangat tinggi.