Manajemen Pembelajaran Terintegrasi antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pesantren untuk Meningkatkan Mutu Lulusan di MAS Persatuan Islam Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53723Keywords:
Evaluasi pembelajaran, KOSP, Kurikulum terintegrasi, Manajemen pembelajaran, P5RAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi implementasi manajemen pembelajaran terintegrasi antara Kurikulum Nasional dan Kurikulum Pesantren di MAS Persatuan Islam Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran disusun melalui Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) mengacu pada regulasi nasional dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, termasuk penetapan tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin (P5RA). Pengorganisasiannya mencakup pembagian program menjadi intrakurikuler, ko-kurikuler, ekstrakurikuler, dan program pendukung, serta pembentukan tim guru untuk setiap proyek tematik. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sistem reguler mingguan dan sistem blok untuk proyek tematik dengan pendekatan pembelajaran aktif dan kolaboratif. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh melalui asesmen formatif, sumatif, dan diagnostik yang menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin.