Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Kolaboratif Untuk Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53725Keywords:
E-Modul berbasis Literasi Sains Kolaboratif, Sekolah DasarAbstract
Literasi sains merupakan keterampilan penting di abad ke-21 yang melibatkan pemecahan masalah, pemahaman konsep ilmiah, dan menghubungkan sains dengan teknologi dan masyarakat. Namun demikian, siswa di Indonesia masih menunjukkan literasi sains yang rendah, sebagian disebabkan oleh materi pembelajaran yang kurang kontekstual terutama pada topik-topik seperti sistem pencernaan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul berbasis literasi sains kolaboratif untuk siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. E-modul dinilai sangat valid dengan perolehan skor 96,5%. Nilai kepraktisan angket respon siswa memperoleh skor 92,5%, dan nilai angket respon guru memperoleh skor 93,75%. Oleh karena itu, dapat diimplikasikan bahwa e-modul berbasis literasi sains kolaboratif valid dan praktis untuk siswa di sekolah dasar.