Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model PBL Berbantuan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS SD
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53728Keywords:
Natural and social sciences, Motivation, Pop Up Book, Problem Based LearningAbstract
Penelitian terlatar belakangi penggunaan media pembelajaran kurang variatif dan interaktif menyebabkan peserta didik cenderung pasif dikegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas bertujuan mengukur peningkatan motivasi belajar IPAS di kelas IV SDN Sendangmulyo 01 Kota Semarang. Penelitian berlangsung 5 siklus, di tiap siklus ada 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi berdesain spiral Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas IV SDN Sendangmulyo 01 Kota Semarang berjumlah 29. Teknik pengumpulan data berupa non-tes dengan angket. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat peningkatan melalui Problem Based Learning berbantuan media pop up book antar siklus, dengan rata-rata motivasi belajar siklus 1 sebesar 40,57, pada siklus 2 mencapai rata-rata motivasi sebesar 54,32, siklus 3 dengan rata-rata hasil motivasi sebesar 60,91, pada siklus 4 mengalami peningkatan rata-rata motivasi sebesar 74,89, pada siklus 5 mencapai hasil motivasi belajar meningkat sangat signifikan yaitu sebesar 87,46%. Simpulan penelitian ialah model Problem Based Learning berbantuan media pop up book membuat peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar