Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Visme pada Materi Indonesiaku Kaya Raya

Authors

  • Nuranisa Salsabila Universitas Pakuan
  • Elly Sukmanasa Universitas Pakuan
  • Dita Destiana Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53741

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Visme

Abstract

Sumber belajar yang bervariatif dan menarik menjadi suatu upaya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Media Video Animasi berbasis aplikasi Visme serta menguji kelayakannya pada materi Indonesiaku Kaya Raya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian peserta didik kelas V SDN Pagelaran 3 Kabupaten Bogor yang terdiri 28 peserta didik, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, penilaian angket dari ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi yang terdiri dari ahli materi dosen dan guru, serta angket respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa Media Video Animasi berbasis Visme memperoleh persentase kelayakan sebesar 88% dari para ahli dan 93% dari respon peserta didik, termasuk dalam kategori “sangat layak”. Media ini terbukti menarik perhatian peserta didik dan mempermudah pemahaman konsep melalui penyajian visual interaktif. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa media video animasi berbasis Visme dapat diterapkan tidak hanya pada materi tematik Indonesiaku Kaya Raya, tetapi juga pada pembelajaran lain yang membutuhkan visualisasi konsep abstrak. Selain itu, pengembangan ini berkontribusi dalam memperkaya inovasi media digital di pendidikan dasar, khususnya dalam mendukung penerapan pembelajaran abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-26