Kearifan Ekologi Masyarakat Pesanggaran sebagai Alternatif Sumber Belajar Kelas Iv Sekolah Dasar

Authors

  • M. Wildan Maulana Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember
  • Dyah Ayu Puspitaningrum Universitas Jember1
  • Sulthon Universitas Jember1

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53748

Keywords:

ekologi, kearifan lokal, pembelajaran tematik, sekolah dasar

Abstract

Keterbatasan sumber belajar kontekstual yang relevan dengan kehidupan siswa di Sekolah Dasar menjadi tantangan dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi kearifan ekologi masyarakat Pesanggaran sebagai alternatif sumber belajar dalam pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif naratif, penelitian dilakukan di Desa Pancer dan Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan konservasi hutan mangrove, pengelolaan sampah, serta pelaksanaan ritual petik laut dapat diintegrasikan ke dalam materi ajar, khususnya pada tema 4 subtema 3 mengenai pelestarian sumber daya alam, yang terbukti tidak hanya memperkaya pembelajaran, tetapi juga meningkatkan kesadaran lingkungan dan nilai karakter peserta didik. Nilai-nilai lokal yang terkandung dalam aktivitas masyarakat tersebut tidak hanya memperkaya pembelajaran, tetapi juga meningkatkan kesadaran lingkungan dan nilai karakter peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan sumber belajar kontekstual berbasis kearifan lokal menjadi sangat relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles