Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Luhur Al-Kautsar

Authors

  • Muthia Rahmah Institut Prima Bangsa Cirebon
  • Ayu Oktavia Institut Prima Bangsa Cirebon
  • Kanaya Ramadanti Institut Prima Bangsa Cirebon
  • Mega Selfian Institut Prima Bangsa Cirebon
  • Imelda Fransiska Aulia Institut Prima Bangsa Cirebon
  • Elsa Nurdiansyah Institut Prima Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53768

Keywords:

Matematika SD, Media Pembelajaran, Pembelajaran kolaboratif, Teknologi Pendidikan, Strategi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mensintesis strategi pembelajaran kolaboratif berbasis teknologi yang diterapkan untuk pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Melalui metode Systematic Literature Review (SLR), studi ini mengkaji tujuh belas artikel ilmiah yang terkait dari berbagai sumber akademik terkemuka. Hasil sintesis menunjukkan bahwa integrasi strategi kolaboratif dengan media teknologi seperti GeoGebra, e-module interaktif, aplikasi Android, dan platform digital seperti Google Classroom dan Padlet dapat menguatkan pemahaman siswa terkait konsep-konsep matematika yang abstrak. Pendekatan ini tidak hanya menopang interaksi sosial dalam proses belajar, tetapi juga membangun lingkungan belajar yang partisipatif serta mengasyikkan. Empat tema utama ditemukan, yakni: implementasi strategi, dukungan teknologi, peran guru dalam kerangka TPACK, serta hambatan pelaksanaan. Peran guru sebagai fasilitator sangat menentukan efektivitas integrasi ini, terutama dalam mengelola dinamika kelas digital dan penggunaan teknologi secara optimal. Studi ini juga menyoroti pentingnya kesiapan infrastruktur serta pelatihan kompetensi digital bagi guru. Temuan ini memberikan landasan kuat bagi institusi pendidikan seperti SDIT Luhur Al Kautsar untuk mengembangkan transformasi pembelajaran berbasis proyek dan teknologi secara lebih strategis dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-26