Perspektif Guru Tentang Penataan Ruang Kelas di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53778Keywords:
Lingkungan belajar, Penataan ruang kelas, Perspektif guru, Sekolah Dasar, Strategi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif guru Sekolah Dasar (SD) mengenai penataan ruang kelas sebagai bagian penting dalam mendukung proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara online menggunakan aplikasi zoom kepada 12 guru dari beberapa SD di Kabupaten Bogor dan Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi kualitatif dengan analisis data tematik. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tema utama dalam pengelolaan ruang kelas, yaitu: pengaruh, peran, manfaat, dan tantangan penataan ruang kelas. Temuan menunjukkan bahwa ruang kelas yang tertata rapi, fleksibel, dan mendukung interaksi sosial dapat meningkatkan kenyamanan belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa. Penataan ruang kelas yang efektif juga membantu guru dalam pengelolaan kelas yang lebih terstruktur dan efisien. Namun demikian, keterbatasan ruang, anggaran, serta perilaku dan keragaman gaya belajar siswa menjadi tantangan yang memerlukan strategi kreatif dari guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penataan ruang kelas memerlukan pendekatan holistik dan partisipatif sebagai bagian integral dari strategi pedagogis di SD.





