Keefektifan Media ARCA dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53792Keywords:
Aksara Jawa, ARCA, Flashcard, Keterampilan Membaca, Pembelajaran Bahasa JawaAbstract
Pembelajaran Aksara Jawa di SD menghadapi tantangan seperti rendahnya minat siswa, keterbatasan media, dan metode konvensional. Penelitian ini merupakan upaya awal dalam menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan pembelajaran Aksara Jawa melalui media ARCA untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SD 2 Undaan Lor. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain One Group Pretest-Posttest, sebanyak 39 siswa menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi tes uraian pretest-posttest, lembar observasi, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji N-Gain berbantuan SPSS menunjukkan peningkatan signifikan dari nilai rata-rata pretest 48,45 menjadi 86,64 pada posttest, dengan N-Gain 0,7681 (kategori tinggi). Hasil ini menunjukkan media ARCA efektif karena animasi 3D, pertanyaan interaktif, dan visual menarik yang membantu siswa memahami bentuk konkret aksara, meningkatkan partisipasi belajar, serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Secara lebih luas, ARCA berpotensi diadaptasi pada jenjang kelas lain atau mata pelajaran muatan lokal lainnya sebagai strategi pelestarian budaya lokal berbasis teknologi.





