Pengembangan Pop Up Book Digital terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS

Authors

  • Dini Lestari Universitas Majalengka
  • Yuyu Yuliati Universitas Majalengka
  • Wina Dwi Puspitasari Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53793

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kreatif, Media Pop Up Book digital, Pembelajaran IPAS

Abstract

Penelitian pengembangan media pop up book digital terhadap keterampilan berpikir kreatif ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop up book digital terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS, serta mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pop up book digital terhadap keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseach and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskiptif. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi dengan nilai rata-rata 91,6%  dan ahli media mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, hasil uji kepraktisan dari respon siswa dan respon guru mendapat rata-rata 85% dengan kategori sangat praktis. Kemudian, hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji paired sampel t-test menghasilkan nilai t-hitung sebesar 50,975 lebih besar dari t-tabel yaitu 2,058. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pop up book digital dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.  Penelitian ini tidak hanya berkontribusi untuk IPAS di sekolah dasar, tetapi juga berkontribusi terhadap pengembangan literatur pendidikan digital, khususnya dalam penerapan media interaktif berbasis visual untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-26