Efektivitas Media Video Animasi dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 di MI Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53804Keywords:
Media Animasi, Membaca Permulaan, PendidikanAbstract
Keterampilan membaca permulaan merupakan fondasi krusial dalam penguasaan literasi siswa pada jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di MI Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental (one-group pretest-posttest design) yang melibatkan 25 siswa sebagai subjek. Instrumen yang digunakan berupa tes membaca permulaan, yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 62,52 meningkat menjadi 90,32 pada posttest setelah penerapan media video animasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.





