Pengembangan Media Diorama Tiga dimensi pada Pembelajaran IPAS Materi Ekosistem Hutan di Sekolah Dasar

Authors

  • Ahmad Zakariya Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Erna Zumrotun Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53822

Keywords:

Ekosistem Hutan, IPAS, Media Diorama Tiga Dimensi, Model Plomp, Sekolah Dasar

Abstract

Pengembangan media pembelajaran inovatif di sekolah dasar masih terbatas sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap keterkaitan komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem. Kondisi tersebut menunjukkan adanya kebutuhan untuk menghadirkan media konkret yang dapat menvsualisasikan konsep secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk memngembangkan media diorama tiga dimensi pada pembelajaran IPAS materi ekosistem hutan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal, perancangan prototipe, dan penilaian. Tahap investigasi dilakukan melalui wawancara dengan guru dan siswa guna mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran. Prototipe media yang dihasilkan kemudian direview oleh dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Uji kepraktisan melibatkan 28 siswa kelas V dan seorang guru dengan menggunakan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan skor 94% untuk aspek media dan 84% untuk aspek materi, keduanya pada kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-26