Mengaktifkan Otomasi Pembelajaran PKn: Kemandirian Belajar, Self-Managed Learning dan Refleksi untuk Pembelajaran di SD

Authors

  • Prasetyo Adi Nugroho Universitas Jember
  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember
  • Nindya Nurdianasari Universitas Jember
  • Fahimatul Anis Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48781

Keywords:

Automation, Learning, Independency, SML

Abstract

Perkembangan teknologi di dunia industri telah menyebabkan munculnya sistem otomatisasi. Namun, Victorian style cukup dominan dalam dimensi pendidikan dan organisasi pembelajaran. Organisasi pembelajaran berlangsung dengan tanpa inisiasi yang memadai sehingga perkembangan pembelajaran berbasis teknologi bersifat bayang-bayang atas perkembangan teknologi. Mengingat bahwa pendidikan selalu terkait dengan dimensi ekonomi, politik, hukum, pertahanan-keamanan, dan sosial-budaya, maka dimensi pendidikan dan pembelajaran idealnya harus menginspirasi berbagai inovasi dalam dimensi kehidupan manusia. Selain itu, sikap siswa cenderung lebih dominan menunjukkan rendahnya etika sebagai warga digital dan kurangnya kemandirian belajar. Dengan demikian, kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi otomatisasi pembelajaran dalam pendidikan kewarganegaraan dan mengusulkan referensi untuk pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar dan mengurangi siklus pendidikan ala Victorian. Metode penelitian menggunakan penelitian studi kasus untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fajar Surya Hutama, Universitas Jember

PGSD

Nindya Nurdianasari, Universitas Jember

PGSD

Fahimatul Anis, Universitas Jember

PGSD

Downloads

Published

2024-06-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>