Pengaruh Karakter Religius dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Profil Pelajar Pancasila di SDIT-Kersana

Authors

  • Yuhanit Nur Khabibah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Rila Melyana Fitri Universitas Muhadi Setiabudi
  • Laelia Nurpratiwiningsih Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48799

Keywords:

Karakter Religius, Motivasi Belajar, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh karakter religius peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; dan (3) mengetahui pengaruh karakter religius dan motivasi belajar peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survei. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDIT Nurul Hidayah Kersana Brebes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t, F, dan analisis koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh yaitu (1) karakter religius peserta didik berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; (2) motivasi belajar peserta didik berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana; dan (3) karakter religius dan motivasi belajar peserta didik berpengaruh signifikan terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana. Perolehan pengaruh tersebut sebanyak 71% yang mengandung makna bahwa pengaruh karakter religius dan motivasi belajar peserta didik terhadap profil pelajar pancasila di SDIT-Kersana adalah pengaruh yang kuat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-22