Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Konsentrasi Siswa di SD Negeri Brebes 01

Authors

  • Rani Nur Fauziah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Laelia Nurpratiwiningsih Universitas Muhadi Setiabudi
  • Moh. Toharudin Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.48910

Keywords:

Aplikasi TikTok, Konsentrasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi TikTok terhadap konsentrasi belajar siswa di SD Negeri Brebes 01 dengan menggunakan metode kualitatif. TikTok, sebagai salah satu platform media sosial yang populer di kalangan anak-anak dan remaja, memiliki potensi untuk mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk kemampuan konsentrasi dalam belajar. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap siswa dan guru di SD Negeri Brebes 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok secara berlebihan dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa, disebabkan oleh beberapa faktor seperti gangguan perhatian, kurangnya waktu untuk belajar, dan peningkatan kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan sekolah. Namun, beberapa siswa juga melaporkan bahwa TikTok dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi jika digunakan secara bijak. Temuan ini mengindikasikan pentingnya pengawasan dan pembatasan penggunaan aplikasi TikTok oleh orang tua dan guru untuk meminimalisir dampak negatifnya terhadap konsentrasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-22