Pengembangan Media Flipbook Digital Berbasis Discovery Learning pada Materi Melihat Karena Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di UPTD SPF SDN Dabasah 1 Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53732Keywords:
Discovery Learning, Flipbook digital, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji media flipbook digital berbasis Discovery Learning pada materi Melihat Karena Cahaya dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Research and Development (R&D). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa proses pengembangan dan validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pengembangan. Proses pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validitas media diuji melalui proses validasi oleh para ahli. Validasi oleh ahli media memperoleh skor 88,33 dengan kategori sangat layak, hasil validasi oleh ahli materi sebesar 77,78 dengan kategori layak, dan hasil validasi oleh praktisi sebesar 93,75 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media dilihat berdasarkan tanggapan siswa melalui pengisian angket, hasilnya 96,61 dengan kategori sangat praktis, dan efektivitas media dilakukan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest menunjukkan persentase 56,64% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media flipbook digital berbasis Discovery Learning pada materi Melihat Karena Cahaya memenuhi kriteria penggunaan yang valid, praktis, dan efektif dalam kegiatan pembelajaran.
 
						






