Pengaruh Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Pasarejo 1 Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53840Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Media Audio Visual, MenyimakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita rakyat pada pemblajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Pasarejo 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode pre-test, post-test, dan quasi eksperimen dengan menggunakan pola non equivalent control group design. Hasil rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan menggunakan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan yakni 74,38, sedangkan rata-rata nilai post-test pada kelas kontrol adalah 61,33. Hasil selisih nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,732 > 2,045 sehingga hipotesis tidak valid (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hα) diterima. Berdasarkan data yang diperoleh, Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Pasarejo 1 Bondowoso.
 
						






