Implementasi Filsafat Pendidikan Humanistik di SD Labschool FKIP Universitas Jember: Pendekatan Eksperimen untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Moral Siswa

Authors

  • Ervan Prasetyo Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i3.53700

Keywords:

Emosional, Humanistik, Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman guru mengenai teori humanistik dalam pendidikan, kecerdasan emosional dan moral, dan (2) mengetahui hasil implementasi teori humanistik dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan moral siswa. Adapun subjek penelitian ini adalah 32 siswa SD Labschool FKIP UNEJ dan 10 guru di SD Laboratorium yang bersedia menjadi bagian dari program eksperimen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus serta pendekatan kuantitatif melalui pengukuran dampak. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian guru memahami mengenai teori humanistik dalam pendidikan, (2) seluruh guru memahami kecerdasan emosional dan moral serta memahami cara mengatasi emosional dan moral para siswanya, dan (3) implementasi teori humanistik berdampak yakni guru dapat mengembangkan kecerdasan emosional dan moral pada seluruh siswa dengan baik meskipun terdapat kendala yakni masih terdapat siswa yang kurang bisa diarahkan sehingga penerapannya kurang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-26

Most read articles by the same author(s)