Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memotivasi Minat Belajar Siswa pada SD Labschool FKIP Universitas Jember

Authors

  • Ervan Prasetyo University of Jember
  • Sayyidati Marlinda Yunita Universitas Jember
  • Hesti Aulia Universitas Jember
  • Muhammad Irfan Hilmi Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53702

Keywords:

Guru Sekolah Dasar, Motivasi Belajar, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru SD Labschool Pukul FKIP Universitas Jember dalam (1) mengembangkan kurikulum, (2) melaksanakan kegiatan pembelajaran, (3) mengevaluasi hasil pembelajaran, dan (4) merancang strategi peningkatan minat belajar siswa. Subjek penelitian terdiri atas guru dan siswa yang dipilih secara acak. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru telah mampu mengembangkan kurikulum dengan kategori baik, meskipun sebagian belum memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan; (2) pelaksanaan pembelajaran menunjukkan penguasaan terhadap metode, model pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK); (3) evaluasi pembelajaran telah dilakukan untuk memperoleh nilai siswa, namun belum dioptimalkan sebagai dasar perbaikan proses pembelajaran secara menyeluruh; dan (4) strategi motivasi siswa dilakukan melalui pembelajaran yang menarik, relevan, dan sesuai dengan minat serta kebutuhan mereka. Implikasi dari temuan ini menunjukkan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dalam pemanfaatan hasil evaluasi sebagai umpan balik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, dukungan kelembagaan terhadap pengembangan kurikulum dan integrasi TIK juga menjadi kunci dalam peningkatan profesionalisme guru dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)