Analisis Kesulitan Mengenal Huruf dalam Membaca Permulaan Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53743Keywords:
Kemampuan Membaca, Kesulitan Mengenal Huruf, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan mengenal huruf dalam membaca permulaan pada anak usia 7 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data (Penyajian Data), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Dapat disimpulkan bahwa di SDN Sidodadi dari 6 indikator pada faktor internal yang terjadi terdapat 5 indikator yang menjadikan penyebab peserta didik mengalami kesulitan membaca yaitu kurangnya daya ingat, kesulitan mengeja, kesulitan melafalkan huruf. Sedangkan pada SDN Magersari dari 6 indikator pada faktor internal yang terjadi terdapat 3 indikator penyebab peserta didik mengalami kesulitan membaca yaitu kesulitan melihat jarak jauh, kurangnya daya ingat, kesulitan mengeja serta dari 4 indikator yang terjadi terdapat 3 indikator yang menjadikan penyebab peserta didik mengalami kesulitan membaca yatu faktor fisik, faktor motivasi, dan faktor keluarga. Hal inilah yang menyebabkan masing- masing peserta didik mengalami kesulitan mengenal huruf yang berujung pada sulitnya dalam membaca.